💰 Biaya Haji Plus 2020 ✔️

Biaya Haji Plus
 
 

Biaya
Haji Plus 2020 yang Harus Disiapkan

 
Biaya Haji Plus 2020 tetap diincar banyak masyarakat Indonesia.
Fasilitas Haji Plus muncul untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin ke tanah
suci tanpa menunggu lama.
 
– Reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan
– Haji Plus diselenggarakan pihak Biro atau agen travel.
 
Kenapa Haji Plus lebih singkat yakni sekitar 25-27 hari.
Sementara untuk Haji Reguler dilaksanakan di Tanah Suci sekitar 40 hari.

Haji Plus / Khusus (dulu ONH Plus)

Haji Plus merupakan tuntutan perbaikan ekonomi yang tidak lagi merasa puas dengan pelayanan haji reguler. Hukum unik di dalam perjalanan haji, jika di wisata lain anda membayar lebih mahal untuk berlibur untuk waktu yang lebih lama, di ibadah haji plus, anda membayar mahal untuk waktu yang lebih sebentar. Semakin sebentar, semakin mahal. Paket haji khusus untuk 21 hari lebih murah dibandingkan dengan 14 hari (puncak ibadah haji hanya 5 hari).

Sejak tahun Jemaah Haji Plus Kuota, walaupun pendaftarannya dikoordinir Kemenag, pelayanan dan fasilitasnya dilakukan oleh travel-travel secara mandiri. Pelayanannya dua kali lipat diatas Jemaah haji regular, mengingat harganya yang juga sekitar dua kali lipat. Manasik Jemaah haji khusus tidak dilakukan di kantor-kantor Kemenag tetapi di hotel-hotel. Hotel juga menjadi transit sebelum berangkat, tidak di asrama haji. Di tanah suci, Jemaah haji khusus juga mendapatkan hotel berbintang dengan makanan yang lebih enak dan lebih dekat dengan (kadang di depan persis) Majidil Haram dan Masjid Nabawi. Tenda-tenda tempat istirahat ketika wuquf juga lebih baik.

Jika Jemaah Haji Reguler harus menunggu selama beberapa tahun untuk dapat berhaji, Jemaah Haji Plus hanya menunggu untuk waktu yang lebih pendek. Kuota untuk Jemaah Haji Plus sekitar 17 ribu (dari 230 ribu untuk Indonesia) yang dihitung secara nasional dan tidak dibagi per kabupaten. Pendaftaran haji Reguler juga tidak dilakukan di Kantor Kemenag tetapi di biro perjalanan haji. Dana awal haji kemudian disetorkan ke rekening pemerintah untuk mendapatkan “nomor porsi” melalui Siskohat.

Kelebihan Haji Plus dibanding Haji Reguler :

 
 
  • ✔️ Jadwal keberangkatan lebih cepat
  • ✔️ Lokasi penginapan Haji Plus biasanya jauh lebih dekat
    sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3-5 km dari Masjidil Haram
  • ✔️ Fasilitas hotel Haji Plus lebih banyak
  • ✔️ Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jemaah Haji Plus
    ditanggung pihak penyelenggara. Sementara
    konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
  • ✔️ Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif
    dan ekslusif
 
 
Biaya Haji Reguler vs biaya Haji Plus
Untuk Haji Reguler, berdasarkan daerah yang paling dekat
dengan tanah suci, Aceh memiliki tarif terendah dibanding daerah lainnya, yaitu
sebesar Rp 31.090.010. Sementara tarif termahal adalah Lombok dengan biaya
sebesar Rp 38.789.305
 
jarak, dan jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh
travel agent terkait. Besarannya berada pada kisaran 8.000 US$ sampai 12.000
US$ atau sekitar Rp 112, 7 juta hingga Rp 169 juta.
 
biaya pembuatan paspor dan dokumen perjalanan lainnya,
pengeluaran pribadi,

Beberapa Keutamaan pahala setelh menjalankan ibadah haji dah umroh :

Sebagai Pengampun Dosa. Sebagaimana yang telah diterangkan* dalam suatu* hadist inilah* ini* Dari Abu Hurairah RA berkata: “Rasulullah bersabda: “Para jamaah haji Plus dan umrah merupakan utusan Allah. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah bakal* mengabulkannya. Dan andai mereka meminta ampun, maka Allah bakal* mengampuni-nya”. (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah). Sebagai Delegasi/Tamu Allah Yng Setiap Do’anya Akan Dikabulkan. Sebagaimana yang disebut dalam hadist lain. Dari Abu Hurairah RA berkata: “Rasulullah bersabda: “Para jamaah haji dan umrah merupakan perintah Allah SWT. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah SWT akan mengabulkannya. Dan sebagai mana mereka meminta ampun, maka Allah SWT akan mengampuni-nya”. (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah). Bagi para jamaah perempuan yang akan melaksanakan keutamaan pahala untuk pengampunan dosa, akanlah dikabulkan do’a-do’anya, bahkan melunaskan untuk ibadah umroh atau haji plus hukumnya menyelesaikan tugas jihad sebagaimana yang dilakukan kaum laki-laki berjihad di medan perang. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh rasusullah : Rasulullah SAW bersabda: “Jihadnya orang yang sudah menua, dan anak-anak, orang yang lemah dan wanita, adalah haji dan umrah“. (HR An-Nasaiy). Hukum Menjalankan Ibadah Umroh yaitu: Disebut wajib dan ibadah umroh itu yang baru sekali-kalinya dilaksanakan sehingga disebut sebagai Umratul Islam. dan itulah umroh sebab sebab nadzar disebut sebagai umroh wajib, andaikan kata duhulu kau pernah bernadzar bahwa esok akan melaksanakan atau membayar ibadah umroh, dan sekarang kau sudah maju dan sukses maka lakukan lah, dan oleh karna itu hukumnya sangat lah wajib. Disebut sunnah andaisaja ibadah umroh ini telah dilaksanakan untuk saat kedua kali dan seterusnya dan dukan dulu perna bernadzar. Misalnya andaisaja tahun kemarin sudah mengerjakanya ibadah umroh, dan bila kau maumelakukan ibadah umroh lagi, maka umroh yang kedua kali ini hukumnya sunnah. Namun dikalangan berpengalaman* fiqih yang telah menyepakati bahwa ibadah umroh tersebut dan itu hukumnya wajib, walaupun sejumlah ulama memiliki pendapat yang bertolak belakang mengenai hukum ibadah umroh. Waktu Ibadah Umroh Sesuai dengan definisi umroh diatas, kita dapat simpulkan bahwa ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja kecuali pada hari yang dimakruhkan laksana hari arafah, nahar dan tasyriq. Perbedaanya dengan ibadah haji Plus hanyalah masa-masa nya saja yaitu 8–12 dzulhijjah. Karena dalam batasan masa-mas tidak terdapat ikatanya, dalam pelaksanaanya bisa digabungkan atau dilaksanakan secara bersamaan dengan tour muslim atau liburan di dekat kota-kota mekkah dan madinah, waktunyapun pun dapat dicocokkan dengan jadwal-jadwal kegiatan atau liburan anak-anak dengan memanfaatkan momen-momen tertentu laksana halnya tahun baru, bulan ramadhan dll.

Prosedur pendaftaran haji ONH Plus dan Persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus:

 
 
  • ✔️ beragama Islam
  • ✔️ Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH
    (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri
  • ✔️ Surat keterangan sehat dari dokter
  • ✔️ KTP yang masih berlaku
  • ✔️ Kartu keluarga
  • ✔️ Akte kelahiran atau kutipan akta nikah
  • ✔️ Surat keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji
    Khusus) atau biro perjalanan  pilihan calon
    jemaah
  • ✔️ Pas foto berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal
    80 persen